6 June 2017

Urutan Tepat Memakai Make-up Lengkap

Concealer, bronzer, atau foundation, mana yang harus didahulukan? Masih banyak yang dibuat bingung oleh banyaknya jenis kosmetik yang perlu digunakan. Karena itu sekarang saya ingin berbagi tips memakai make-up lengkap dalam 10 langkah mudah. Supaya tahu jenis kosmetik apa yang perlu dipakai, mana yang harus didahulukan, dan bagaimana cara memakainya.
Urutan Tepat Memakai Make-up Lengkap
Urutan Tepat Memakai Make-up Lengkap
Berikut 10 langkah mudah memakai make-up lengkap:
1. Bersihkan wajah
Ini adalah bagian paling penting dari proses merias wajah. Kulit wajah yang bersih lebih mudah dirias dan akan membuat kosmetik menempel dengan baik. Bersihkan wajah dengan air, sabun pembersih atau milk cleanser. Untuk yang memiliki jenis kulit berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan toner setelahnya. Supaya kadar minyak di wajah lebih terkontrol, dan make-up bisa menempel lebih lama.

2. Oleskan pelembap
Merias wajah adalah seperti melukis, di mana kulit wajah adalah kanvasnya. Kulit wajah yang bersih dan lembut adalah kanvas terbaik untuk dilukis. Untuk mendapatkan kulit seperti itu, pelembap adalah kuncinya. Oleskan cream atau lotion pelembap secara merata lalu tunggu beberapa menit sampai pelembap menyerap dengan baik pada kulit wajah.

3. Gunakan primer
Primer bisa membantu menutupi bintik hitam, kemerahan, dan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Primer juga memudahkan penggunaan concealer dan foundation sehingga menempel lebih baik dan lebih lama. Sebaiknya gunakan kuas untuk mengusapkan primer pada kulit wajah dan leher. Menggunakan jari-jari tangan juga boleh, tapi akan lebih mudah jika menggunakan kuas dan hasilnya akan lebih rapi.

4. Pakai concealer
Pilihlah concealer yang warnanya satu tingkat lebih cerah dari warna kulit wajah. Selain efektif menutupi lingkaran hitam di kulit sekitar mata, concealer juga bisa menutupi kemerahan dan bintik wajah dengan lebih baik. Oleskan sedikit concealer pada bagian-bagian kulit yang berbintik dan kemerahan. Gunakan ujung jari telunjuk untuk merapikannya. 

5. Usapkan foundation
Pilihlah warna foundation yang sama dengan warna alami kulit wajah. Oleskan sedikit pada dagu, pipi dan kening, lalu ratakan dengan lembut pada seluruh wajah. Untuk meratakan foundation agar wajah tampak natural dan tanpa bercak, bisa menggunakan ujung-ujung jari atau kuas. Pilih mana saja yang dianggap lebih mudah.

6. Highlighter dan bronzer
Highlighter dan bronzer bisa membentuk dan menegaskan kontur wajah. Pilihlah warna highlighter yang satu tingkat lebih cerah dibanding warna alami kulit wajah, sementara warna bronzer sebaiknya satu tingkat lebih gelap dibanding warna alami kulit wajah. Usapkan bronzer pada area rahang, lalu usapkan highlighter pada area tulang pipi menggunakan kuas. Usapkan secara lembut dan merata agar hasilnya terlihat alami. Bronzer juga bisa digunakan untuk menyamarkan double-chin.

7. Blush on  atau perona pipi
Usapkan sedikit blush on pada pipi untuk membuat wajah tampak lebih merona. Tersenyumlah untuk menentukan bagian pipi yang akan dihias blush on. Tulang pipi yang tampak menonjol saat tersenyum adalah bagian yang akan dihias blush on. Usapkan sedikit blush on menggunakan kuas pada tulang pipi ke belakang hingga bagian dekat garis rambut.

8. Pensil alis
Merias mata adalah bagian penting untuk mendapatkan wajah tampak cantik. Setelah menutupi lingkaran hitam sekitar area mata dengan concealer, langkah berikut untuk merias mata adalah menggunakan pensil alis. Pilihlah pensil alis yang warnanya satu tingkat lebih cerah dibanding warna rambut. Usapkan pensil sesuai dengan garis alami alis atau bentuk sesuai keinginan.  Untuk yang memiliki alis tipis, maka pensil alis juga bisa digunakan untuk membuat alis tampak lebih tebal dan bentuknya lebih rapi.

9. Eyeshadow, eye liner dan maskara
Eyeshadow, eye liner dan maskara bisa digunakan untuk menegaskan bentuk mata. Gunakan setidaknya dua warna eyeshadow, mulai dari warna cerah untuk bagian bawah alis, dan warna lebih gelap untuk kelopak mata. Rapikan kedua warna eyeshadow agar tampak membaur alami. Oleskan eye liner di atas garis bulu mata pada kelopak atas dan bawah. Gunakan penjepit bulu mata untuk melentikkan bulu mata. Lalu gunakan maskara untuk memisahkan helaian bulu mata dan membuat bulu mata terlihat lebih tebal. 

10. Rias bibir dengan lipstick, lip liner dan lipgloss
Bagian paling fleksibel dari make-up wajah adalah lipstik, karena lipstik tersedia dalam berbagai warna dan bisa dipadupadankan sesuai dengan warna perona pipi, warna pakaian, atau sesuai mood. Pertama gunakan lip liner untuk membentuk garis bibir, lalu oleskan lipstik sesuai dengan garis bibir yang dibentuk, kemudian lapisi dengan lipgloss untuk membuatnya tampak berkilau.


Riasan untuk pesta di malam hari biasanya lebih glamor dibandingkan riasan di siang hari. Untuk mendapatkan riasan wajah yang tampak lebih glamor, bisa dilakukan dengan menambahkan blush on yang semakin menonjolkan bentuk tulang pipi, dan mengoleskan warna eye liner yang lebih gelap. Lalu akhiri dengan mengoleskan lipstik merah menyala untuk penampilan yang lebih memukau.


0 comments:

Post a Comment