20 May 2017

9 Jenis Makanan yang Paling Sulit Dicerna

Memakan makanan yang sulit dicerna bisa menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, kram, diare, kentut, dan acid reflux. Gejala dari acid reflux termasuk mulas, dada terasa panas, pita suara meradang, batuk kronis, hingga nyeri jantung.
9 Jenis Makanan yang Paling Sulit Dicerna
9 Jenis Makanan yang Paling Sulit Dicerna

9 Makanan yang sulit dicerna tubuh

1. Susu dan produk susu
Susu dan produk susu mengandung laktosa penyebab gangguan pencernaan pada orang dewasa yang memiliki pencernaan sensitif. Saat proses pencernaan berjalan, enzim laktase memecah laktosa menjadi gula sederhana agar mudah diserap oleh tubuh. Masalahnya adalah produksi laktase dalam tubuh menurun sejak umur 2 tahun. Tanpa jumlah laktase yang cukup, laktosa tidak bisa dicerna dengan baik sehingga laktosa langsung menuju usus. Dalam usus ini, laktosa menyebabkan gas, kembung, dan kram perut.
Untuk menghindari masalah gangguan pencernaan seperti itu, sebaiknya kurangi mengkonsumsi susu dan produk susu. Produk susu adalah keju, es krim, mentega, termasuk semua makanan yang diberi tambahan susu. Sebagai alternatif, sebaiknya cari susu bebas laktosa atau yogurt.

2. Serealia
Gluten adalah zat yang dianggap sebagai penyebab serealia sulit dicerna, dan bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit Crohn. Sebagian orang juga sensitif terhadap gluten, karena bisa menyebabkan kembung, diare, kram perut, kekurangan energi, hingga kelelahan kronis. Serealia yang mengandung gluten adalah gandum, jelai, gandum hitam (rye), dan jagung. Kandungan gluten juga bisa diturunkan pada produk lain yang terbuat dari serealia tersebut, seperti pasta, roti, sereal, camilan gandum, popcorn, termasuk kaldu dan bir yang terbuat dari gandum.
Tanaman serealia juga mengandung banyak karbohidrat yang memang dikenal sulit dicerna. Makan karbohidrat perlu dicampur dengan protein, serat dan air supaya lebih mudah dicerna. Karena itu, kalau makan nasi atau roti gandum harus ditambah lauk dan sayur, lalu minum air yang cukup setelahnya.

3. Cabe dan makanan pedas
Cabe dan makanan pedas bisa mengganggu pencernaan, menyebabkan mulas, kembung, dan sakit perut. Banyak minum air atau makan makanan manis memang bisa mengurangi rasa pedas di mulut, tapi cabe dan makanan pedasnya masih perlu dicerna sehingga masih bisa mengganggu pencernaan. Lidah mungkin sudah tidak merasa pedas, tapi perut masih bisa sakit akibat pedas.

4. Coklat
Coklat termasuk jenis makanan yang sulit dicerna, dan bisa menyebabkan gangguan perut pada mereka yang memiliki penyakit asam lambung. Selain itu, kebanyakan coklat mengandung susu dan banyak gula yang juga sulit untuk dicerna. Untuk menghindari gangguan pencernaan akibat coklat, pilihlah jenis coklat hitam (dark chocolate) yang tidak mengandung susu dan gula. Atau kurangi makan coklat.

5. Brokoli mentah
Brokoli termasuk makanan super karena mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, tapi brokoli yang tidak dimasak (mentah) mengandung sulfur yang bisa menyebabkan gangguan perut. Kukus atau rebus brokoli sebentar (kurang dari 5 menit) supaya brokoli lebih mudah dicerna tanpa menghilangkan banyak nutrisinya.

6. Bawang mentah
Berbagai jenis bawang mentah mengandung phytonutrient yang baik untuk kesehatan jantung. Tapi phytonutrient ini juga bisa mengiritasi perut. Sebaiknya masak bawang sebentar untuk membuat bawang lebih mudah dicerna.

7. Kacang
Berbagai jenis kacang, seperti kedelai, kacang merah, kacang hijau, dan polong termasuk makanan yang sulit dicerna. Kacang juga termasuk jenis makanan yang dihindari oleh Paleoista (pelaku diet paleo), karena menurut mereka tubuh manusia tidak mampu mencerna kacang-kacangan dengan baik dan menyebabkan perut kembung. Selalu masak kacang sebelum dimakan supaya lebih mudah dicerna, dan jangan makan kacang terlalu banyak sekaligus.

8. Ayam goreng
Semua gorengan memang termasuk ke dalam jenis makanan yang sulit dicerna karena mengandung banyak lemak dan berminyak. Tapi ayam goreng termasuk yang paling sulit dicerna dan bisa menyebabkan gangguan perut. Pilihlah ayam panggang atau sup ayam karena sedikit minyak dan lebih mudah dicerna.

9. Semua jenis jeruk
Jeruk mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh, tapi jeruk juga mengandung banyak asam yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk tetap mendapatkan manfaat jeruk tanpa menyebabkan masalah pencernaan, makanlah jeruk secukupnya, dan jangan makan jeruk (termasuk minum jus jeruk) saat perut masih kosong.


Makanan lain yang juga sulit dicerna adalah makanan yang mengandung pemanis buatan (sorbitol). Karena sorbitol menyebabkan penumpukan gas dalam perut, membuat perut kembung dan sering kentut. Sorbitol biasanya digunakan sebagai pemanis pada permen, permen karet, minuman diet, dan snack dalam kemasan.

Hanya karena sulit dicerna, bukan berarti tidak boleh makan makanan tersebut sama sekali. Yang penting adalah makan secukupnya dan tidak berlebihan, serta masak dulu kalau perlu.



0 comments:

Post a Comment