16 May 2017

10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Makan buah pisang matang tanpa harus diolah atau ditambah apapun sudah bisa memberi banyak manfaat sehat untuk tubuh. Pisang mengandung banyak nutrisi termasuk potassium, zinc, zat besi, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Sehingga makan buah pisang setiap hari bisa membuat tubuh tetap sehat.
10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan
10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

10 Khasiat dan Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

1. Pisang mengandung banyak nutrisi
Pisang kaya akan mineral potasium yang penting untuk kesehatan ginjal dan tulang. Makan pisang dua buah setiap hari bisa menekan pelepasan kalsium dalam air kencing penyebab batu ginjal. Pelepasan kalsium juga bisa menyebabkan osteoporosis dan tulang rapuh. Potasium juga penting untuk  menjaga fungsi jantung dan mengatur tekanan darah tetap normal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan pisang secara teratur bisa mengurangi resiko stroke hingga 40%.
Makan seperempat bagian buah pisang setiap hari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 sehari-hari. Vitamin B6 dalam pisang ini membantu pembentukan hemoglobin, mengatur kadar gula darah, memecah amino acid, dan memproduksi antibodi untuk kekebalan tubuh yang lebih kuat.
Kandungan nutrisi lain dalam pisang adalah vitamin C, magnesium, mangan, iodine, zat besi, selenium, dan zinc.

2. Pisang membantu pencernaan
Dua buah pisang setiap hari bisa jadi laksatif alami untuk mengatasi konstipasi. Karena serat dalam pisang membuat makanan melewati saluran pencernaan dengan mulus. Menurut sebuah artikel dalam Journal of Physiology and Biochemistry1) yang dikeluarkan tahun 2009 menyebutkan bahwa pisang mengandung banyak fructo-oligosaccharides (FOS). FOS dikenal sebagai prebiotik karena bertugas memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan yang membantu tubuh menyerap nutrisi lebih efisien.

3. Pisang memberi energi lebih banyak
Buah pisang menyediakan karbohidrat lebih baik dari nasi untuk menggantikan muscle glycogen (muscle sugar) yang sudah digunakan. Caranya adalah dengan mengubah gula alami menjadi energi instan. Karena itulah, pisang menjadi buah favorit untuk mengembalikan energi setelah olahraga keras atau sebagai sarapan sehat yang praktis.

4. Pisang pembentuk tulang sehat
Sudah disebutkan bahwa potasium dalam pisang menekan pelepasan kalsium dalam air kencing, sehingga mencegah osteoporosis dan tulang rapuh. Selain itu, fructo-oligosaccharides (FOS) dalam pisang memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap kalsium dalam tubuh. Dengan kata lain, potasium dan FOS dalam pisang adalah mineral penting untuk pembentukan tulang sehat.

5. Pisang membantu mengatasi borok lambung
Senyawa dalam pisang mampu menciptakan dinding tebal untuk melindungi perut  dari asam hidroklorida. Protease inhibitor dalam pisang juga membantu menyingkirkan bakteri dalam perut penyebab borok lambung. Karena itu, rutin makan pisang bisa membantu mencegah borok lambung.

6. Pisang meningkatkan fungsi saraf dan kemampuan otak
Pisang kaya akan vitamin B kompleks sehingga bisa membantu fungsi saraf. Sementara kandungan potasium dalam pisang menjaga kecakapan mental tetap waspada dan meningkatkan kemampuan otak dalam belajar. Potasium dalam buah-buahan bisa membantu dalam belajar karena potasium membantu fokus.

7. Pisang untuk jantung sehat
Potasium, yang banyak terkandung dalam pisang, merupakan mineral elektrolit yang dibutuhkan untuk menjaga jantung tetap berdetak. Pisang tinggi potasium, kalsium, dan magnesium, serta rendah sodium sehingga bisa membantu melindungi sistem kardiovaskular dari tekanan darah tinggi2).

8. Pisang meningkatkan mood dan mengurangi stress
Pisang adalah sumber amino acid tryptophan yang diubah menjadi serotonin oleh tubuh. Serotonin bisa meningkatkan mood, meredakan stress, dan meningkatkan penampilan luar, sehingga bisa membuatmu merasa bahagia. Serotonin juga bisa mengatur pola tidur dengan baik. Sementara itu, magnesium dalam pisang bisa membuat otot lebih rileks.

9. Pisang meningkatkan daya penglihatan
Buah pisang mengandung vitamin A yang penting untuk melindungi kesehatan mata, menjaga penglihatan tetap normal, dan meningkatkan daya penglihatan saat gelap3). Vitamin A mengandung senyawa yang melindungi membran di sekitar mata, dan merupakan elemen protein yang mengirim cahaya ke kornea. Selain itu, pisang juga adalah salah satu buah yang bisa melindungi tubuh dari degenerasi makular penyebab kebutaan.

10. Pisang mengurangi resiko kanker
Sebuah penelitian4) di Swedia tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 75 porsi sayuran dan buah (terutama pisang) mampu mengurangi resiko terkena kanker ginjal hingga 40 persen. Sementara itu, wanita yang makan 4 – 6 buah pisang per minggu mengurangi terkena kanker ginjal hingga setengahnya. Pisang mampu membantu mencegah kanker ginjal karena mengandung banyak antioksidan phenolic.


Tidak kalah penting dari 10 manfaat pisang untuk kesehatan yang sudah disebutkan, pisang juga bisa membantu masalah ketergantungan terhadap rokok. Untuk mereka yang ingin berhenti merokok, makan dua buah pisang setiap hari bisa membantu melepaskan diri dari ketergantungan terhadap rokok lebih cepat. Hal ini karena pisang mengandung banyak vitamin B6, vitamin B12, magnesium dan potasium yang membantu penyembuhan akibat efek nikotin dalam tubuh.


Referensi:
1) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20119826
2) http://www.fda.gov/Food/ResourcesForYou/Consumers/ucm315393.htm
3) http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/002400.htm
4) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15455348




0 comments:

Post a Comment