15 May 2017

10 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Buah pepaya mengandung papain, yaitu enzim yang membantu mencerna protein. Pepaya juga mengandung banyak antioksidan, mineral, potasium, copper, magnesium, dan serat. Semua nutrisi ini menyediakan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.
10 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan
10 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

10 Khasiat dan Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pepaya yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan beta karoten mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, rutin makan buah pepaya bisa mencegah demam, flu, dan infeksi.

2. Menyehatkan pencernaan
Enzim papain dalam pepaya bisa menyehatkan sistem pencernaan dan melunakkan daging dalam pencernaan. Kandungan serat dan air dalam pepaya membantu mencegah konstipasi, dan melancarkan sistem pencernaan.

3. Melindungi tubuh dari macular degeneration
Antioksidan zeaxanthin dalam pepaya memblokir blue light rays (sinar biru) yang berbahaya. Buah pepaya juga dianggap berperan penting dalam melindungi kesehatan mata, dan melindungi tubuh dari degenerasi makular.

4. Meningkatkan daya penglihatan
Dengan diblokirnya blue light rays yang berbahaya dan melindungi kesehatan mata, pepaya mampu meningkatkan daya penglihatan. Makan buah papaya 3 porsi setiap hari bisa membuat penglihatan menjadi normal, dan menurunkan resiko kehilangan penglihatan (buta) pada orang dewasa.

5. Untuk kesehatan jantung
Pepaya membantu mencegah aterosklerosis dan diabetic heart disease (DHD, yaitu penyakit jantung yang berkembang pada penderita diabetes), karena mengandung banyak nutrisi penting untuk mencegah penyakit jantung. Nutrisi tersebut, yaitu: antioksidan, serat, potasium, vitamin A, dan vitamin C.

6. Melindungi tubuh dari rheumatoid arthritis
Hasil penelitian yang dicatat dalam Annals of the Rheumatic Diseases  menyebutkan bahwa mereka yang makan makanan kaya vitamin C seperti pepaya lebih terlindungi dari rheumatoid arthritis. Penelitian yang melibatkan lebih dari 20.000 orang tersebut, fokus pada penderita inflammatory polyarthritis dan orang-orang yang tidak menderita arthritis. Setelah masa penelitian berakhir, ditemukan bahwa orang-orang yang jarang makan makanan mengandung vitamin C beresiko terkena arthritis tiga kali lebih banyak dibanding mereka yang rutin makan makanan kaya vitamin C.

7. Baik untuk penderita diabetes
Satu buah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 4,7 gram serat. Penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang makan makanan kaya serat memiliki kadar glukosa dalam darah lebih rendah. Sementara penderita diabetes tipe 2 yang makan makanan kaya serat memiliki peningkatan kadar gula darah, lipid dan insulin.

8. Memiliki efek anti radang
Choline dalam pepaya adalah nutrisi penting untuk membantu tubuh tidur lebih baik, membantu pergerakan otot, dan membantu meningkatkan daya ingat. Choline juga membantu menjaga struktur selular membran, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi radang kronis. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin C, beta karoten, enzim papain dan chymopapain yang membantu mengurangi radang, serta menyembuhkan luka bakar.

9. Memiliki manfaat anti kanker
Pepaya kaya akan serat, folat, vitamin C, beta karoten, dan vitamin E yang mampu mengurangi resiko kanker usus besar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh  Harvard School of Public Health's Department of Nutrition, antioksidan beta karoten dalam pepaya juga mampu menghentikan perkembangan sel-sel kanker usus besar, dan mungkin memiliki peran dalam melindungi tubuh dari kanker prostat.

10. Untuk kesehatan tulang
Vitamin K yang banyak terkandung dalam buah pepaya bertindak sebagai pengubah protein pada struktur tulang, sehingga mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh, mengurangi pelepasan kalsium, dan melindungi tulang dari kerapuhan.


Manfaat buah pepaya tidak hanya itu. Manfaat buah pepaya yang lain adalah: mencegah asma karena kandungan beta karotennya, mengandung anthelmintic yang bisa mengeluarkan cacing usus, mengatasi masalah pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, dan sebagai anti parasit.
Untuk wanita, pepaya memiliki manfaat penting untuk kecantikan kulit dan rambut, serta melancarkan menstruasi.




0 comments:

Post a Comment