22 December 2016

Metode Membersihkan Wajah menggunakan Minyak (Oil Cleansing Method)

Arti, Cara, dan Manfaat Oil Cleansing Method

Metode Membersihkan Wajah menggunakan Minyak atau Oil Cleansing Method (OCM) adalah cara membersihkan wajah yang berdasarkan pada teori “minyak menyerap minyak”. Dengan metode ini, minyak digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada kulit dan membersihkan wajah dari dalam kulit.

Banyak yang ragu menggunakan minyak untuk membersihkan wajah mereka karena berpikir bahwa minyak bisa membuat kulit wajah makin berminyak dan menimbulkan jerawat. Pemikiran itu tidak benar, karena jerawat disebabkan oleh debu, kotoran, bakteri, pembersihkan wajah yang tidak benar, dan oleh ketidakseimbangan hormon (Hormonal Imbalances).

Oil Cleansing Method (OCM) semakin populer karena manfaatnya yang luar biasa untuk berbagai jenis kulit. Perusahaan perawatan wajah dan kosmetik selalu menyarankan orang-orang dengan kulit berminyak untuk menggunakan produk kecantikan dan perawatan bebas minyak (Oil free product), padahal sebenarnya minyak bermanfaat untuk kulit wajah, dan bahkan, oil free product bisa menyebabkan kulit kering.
Metode Membersihkan Wajah menggunakan Minyak (Oil Cleansing Method)
Metode Membersihkan Wajah menggunakan Minyak (Oil Cleansing Method)

Manfaat Oil Cleansing Method

Oil cleansing method bermanfaat untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit sensitif. Bila dilakukan secara rutin, kulit wajah akan semakin bersih, lembut, dan berkilau.

Meski begitu, banyak yang tidak merasa puas dengan Oil Cleansing Method (OCM) ini karena mereka menggunakan jenis minyak yang tidak cocok untuk jenis kulit mereka. Menemukan jenis minyak yang cocok untuk wajah kita memang sedikit merepotkan karena dibutuhkan percobaan dan waktu, tapi metode ini dijamin berhasil jika sudah tahu jenis minyak apa yang harus digunakan.

Jenis Minyak yang Digunakan untuk Oil Cleansing Method

Hal terpenting dari Oil Cleansing Method (OCM) adalah memilih jenis minyak yang akan dipakai, karena salah memilih minyak bisa membuat kondisi kulit jadi lebih buruk. Pilihlah jenis minyak sesuai dengan jenis kulit, dan lakukan percobaan untuk menentukan proporsi minyak.

1. kulit normal cenderung kering
Extra Virgin Olive Oil, Evening Primrose Oil, dan Castor Oil
Contoh proporsi: minyak zaitun 80%, Evening Primrose Oil 10%, dan Castor Oil 10%.
Ada banyak jenis minyak zaitun yang dijual di pasaran, extra virgin, virgin, pure olive oil, 100% pure, dan sebagainya. Pastikan untuk memilih jenis minyak zaitun yang tepat.

2. Kulit normal
Extra Virgin Olive Oil, dan Jojoba Oil

3. Kulit kering dan kulit dehidrasi
Extra Virgin Coconut Oil, dan Extra Virgin Olive Oil, dan Castor Oil.
Extra Virgin Coconut Oil lebih murni dan warnanya lebih jernih dari virgin coconut oil (VCO).

4. Kulit berminyak, dan kulit berjerawat
Jojoba Oil, dan Grapeseed Oil (minyak biji anggur) atau Watermelon Seed Oil (minyak biji semangka).

5. Kulit sensitif
Apricot Kernel Oil, dan Jojoba Oil. Bisa juga menggunakan Evening Primrose Oil, Flax Seed Oil, Hazelnut Oil, atau Sunflower Seed Oil (minyak biji bunga matahari).
Proporsi yang perlu digunakan tergantung dari masing-masing kebutuhan. Karena itu, mulailah bereksperimen dengan proporsi 50/50, lalu lihat hasilnya. Jika tidak puas dengan hasilnya, proporsi bisa diganti dengan 75/25 atau proporsi lain hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Tapi ingat, jangan mengganti jenis minyak. Karena jenis minyak yang salah bisa membuat kondisi kulit makin buruk.


Cara Melakukan Oil Cleansing Method

Yang perlu dipersiapkan:
- Air hangat
- Campuran minyak sesuai dengan jenis kulit. Seperti yang sudah disebutkan di atas.
- Kain pembersih wajah

Caranya:
- usapkan sedikit minyak pada telapak tangan agar minyak terasa agak hangat, baru kemudian usapkan pada wajah.

- pijat wajah dengan lembut selama sekitar 5 menit. Ini dilakukan untuk membersihkan blackheads dan kotoran lain dari kulit wajah.

- celupkan kain pembersih pada air hangat, kemudian tutup wajah dengan kain hangat tersebut. Air hangat bisa membuka pori-pori dan membuat kotoran dan racun keluar dari pori-pori kulit. Biarkan beberapa saat sampai kain menjadi dingin. Setelah itu, usap wajah dengan lembut menggunakan kain yang sama.

- Lakukan proses ini 2-3 kali, sampai wajah bersih. Pastikan untuk memijat dan mengusap kulit wajah secara lembut, jangan menggosoknya. Tidak perlu dibilas dengan air lagi.
Dengan metode ini, kulit wajah tidak akan terasa berminyak karena kain pembersih yang hangat membersihkan minyak dengan baik.


Perlu diperhatikan:
Atur suhu air sesuai kebutuhan. Jangan gunakan air terlalu panas, karena akan membuat kulit terasa kering hingga kemerahan. Hal ini sering terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif. Jika kulit terasa kering setelah dibersihkan, oleskan sedikit minyak jojoba atau minyak zaitun.




0 comments:

Post a Comment