5 November 2016

10 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cantik

Daftar 10 makanan yang akan membuat kulit sehat, cerah, dan cantik alami dari dalam. 10 makanan ini mengandung vitamin, anti-oksidan, dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.
10 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cantik
10 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cantik
Foto: via Bustle

Daftar 10 Makanan yang Membuat Kulit jadi Sehat dan Cantik

1. Brokoli
Dilansir dari majalah Forbes1), brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta dilengkapi dengan sulforaphane2) dan anti-radang. Brokoli bisa mendetoksifikasi organ tubuh dari dalam, sehingga organ tubuh dan kulit akan terjaga kebersihannya. Dengan semua kandungan manfaat kesehatan tersebut, brokoli adalah makanan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

2. Biji-bijian
Biji-bijian (biji labu, biji bunga matahari, chia seed, flax seed, dan biji rami), kaya akan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Biji-bijian mengandung banyak vitamin E dan selenium yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Biji-bijian juga tinggi akan omega-3, omega 6, anti-oksidan yang kuat, dan protein untuk melindungi kulit dari kerusakan. Seperti halnya buah-buahan berry dan kacang-kacangan, kita tidak perlu memakan semua jenis biji-bijian yang ada. Cukup pilih jenis biji-bijian yang disuka, masukkan ke dalam menu makan sehari-hari, dan nikmatilah hasilnya: kulit sehat dan cantik alami.

3. Buah berry
Berbagai jenis buah berry, seperti stroberi, bluberry, cranberry, goji berry, dan raspberry, mengandung banyak vitamin C yang diperlukan untuk produksi kolage. Buah berry juga mengandung anti-oksidan yang bisa melawan radikal bebas dari polusi dan sinar UV. Tidak harus memakan semua jenis buah berry, pilih saja jenis buah berry yang disuka. Tapi buah berry dengan warna lebih gelap lebih baik, karena mengandung lebih banyak anti-oksidan dan lebih banyak vitamin C.

4. Ikan salmon
Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Dan para peneliti3) menyebutkan bahwa makan ikan salmon dua kali seminggu bisa melindungi kulit dari penyakit kanker.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, kenari, mete, hazelnut, dan kacang pinus, kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, selenium, dan zinc. Selenium adalah jenis anti-oksidan yang mengandung banyak mineral, bersamaan dengan semua nutrisi yang dimiliki kacang-kacangan, maka berbagai jenis kacang ini melindungi kulit dari kerusakan sel dan meningkatkan kadar kolagen untuk menjaga kekencangan kulit. Kacang-kacangan juga mengandung banyak serat yang membuat usus besar bekerja dengan baik. Usus besar memiliki peran penting untuk membuang kotoran dan membersihkan tubuh dari racun.

6. Kubis
Kubis membantu liver dengan membersihkan liver, dan menurunkan kadar kolesterol. Makan kubis setiap hari akan melancarkan sistem pencernaan serta memudahkan proses pembuangan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Membuat organ dalam tubuh (seperti liver dan usus) serta organ luar (seperti kulit) menjadi bersih dan lebih sehat.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah penyedia lemak sehat, dan dari semua manfaat kesehatan minyak zaitun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa minyak zaitun bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Minyak zaitun bisa membersihkan liver dan menghilangkan batu empedu. Liver yang bersih akan menghasilkan organ tubuh yang lebih sehat dan kulit yang lebih cerah.
Sebaiknya pilihlah minyak zaitun murni jenis virgin olive oil, atau extra virgin olive oil, dan makanlah makan minyak zaitun tanpa dimasak. Bisa dengan langsung minum satu sendok minyak zaitun setiap hari, atau mencampur minyak zaitun dengan salad dan makanan lain.

8. Tahu
Kulit kehilangan keelastisan seiring dengan pertambahan usia, artinya kulit akan semakin kendur dan keriput saat makin tua, karena kadar kolagen dalam tubuh semakin lama akan semakin berkurang. Tahu (yang dikenal sebagai makanan murah meriah di Indonesia) memiliki kemampuan memperlambat pelepasan kolagen dan menjaga kulit tetap elastis. Hal ini berkat kandungan protein, kalsium, dan vitamin E dalam tahu.

9. Teh
Teh juga bisa dijadikan sebagai makanan, kan? Diminum sebagai air teh, dicampur dengan makanan, atau sebagai pemberi rasa pada kue, sama baiknya. Teh penuh dengan anti-oksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas, dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Bahkan, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin minum teh hijau memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit kanker kulit. Dan penelitian di negara lain menunjukkan bahwa teh daun mint (peppermint tea) mampu menormalkan kadar hormon4) yang berpengaruh pada kesehatan kulit.

10. Yogurt
Yogurt tidak hanya memiliki banyak kalsium, tapi juga kaya akan riboflavin, vitamin B6, vitamin B12, dan protein. Untuk manfaat terbaiknya, pilihlah plain yogurt atau greek yogurt atau yogurt tanpa perasa dan tanpa pewarna. Plain yogurt mengandung probiotik yang membantu membersihkan usus. Usus yang bersih penting untuk kebersihan kulit. Sementara yogurt dengan tambahan susu bisa menyebabkan breakouts pada kulit, seperti jerawat dan kemerahan.

Itu dia 10 makanan untuk kulit sehat. Mengatur pola makan adalah cara yang lezat untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik dari dalam.


Referensi:
1) http://www.forbes.com/sites/juliewilcox/2012/07/01/health-benefits-of-broccoli/
2) http://en.wikipedia.org/wiki/Sulforaphane
3) http://www.qmul.ac.uk/media/news/items/smd/110592.html
4) http://www.organicauthority.com/health/5-fantastic-health-benefits-of-peppermint-tea.html



0 comments:

Post a Comment